Senin, 21 Agustus 2017

Gateway repeater Interface untuk 2meterband

Selamat berjumpa kembali disela kesibukan kita semua

kali ini saya kembali akan berbagi masalah yang saya alami dan sesuatu yang bisa kita jadikan alternatif dalam mengatasi masalah tersebut,,,sekali lagi bukanlah satu satunya pilihan...karena masih banyak pilihan lain yang tentu saja lebih baik...

jadi begini...saya kan sering berkomunikasi melalui gateway 2meter band yang di hubungkan dengan teamspeak pada SAMER RAPI NET di www.samerlink:9957 ....pada saat rekan saya sesama pengguna gateway yang sama sedang 10.25 dengan rekan yang di teamspeak ,,pada transciever saya dia tidak terdengar...demikian juga sebaliknya dia tidak mendengar suara  saya...kadang terjadi tabrakan signal karena tidak tau ada rekan yang sedang memancar...tetapi jika 10.25 dengan rekan yang terhubung TS3 malah yang bisa terdengar dengan jelas.hal ini sama sekali tidak nyaman..masa kita bisa dengar rekan biak dari banjarmasin tetapi tidak bisa 10.25 dengan rekan yang berjarak hanya puluhan kilometer,mungkin karena sistem gateway yang hanya menggunakan satu jalur frekwensi saja..berbeda dengan sistem RPU yang mana semua user  client bisa terdengar dengan baik...maka perlu menurut saya digabungkan antara repeater dengan link gateway...
nah disini kadang muncul masalah juga karena feedback gemeresek transmiter repeater kembali masuk ke teamspeak dan terdeteksi dalam TS3 yang tersetting VAD ..voice aktive detection jadi malah tubrukan dengan gateway lain pada link ...maka kemudian saya coba merancang repeater gateway interface gabungan...

saya ingin agar transmiter repeater gateway benar benar sama seperti repeater biasa dimana dia hanya bertugas memancar,dalam hal ini dia akan meneruskan audio dari teamspeak3 dan dari reciever pengguna repeater...sedangkan pengguna 2meterband diterima dan diteruskan ke 2 saluran..yakni ke input teamspeak dan ke transmiter secara bersamaan...
RTS dari teamspeak dan dari receiver bisa mentriger PTT pada transmiter secara bersamaan maupun bergantian..
dengan seperti ini saya berharap akan lebih baik karena biarpun bersamaan kan terdengar audio baik dari client ts3 maupun dari user di receiver...tetapi saat itu suara dari user tidak bisa masuk ke teamspeak karena ts3 commander sedang request to send (RTS) jadi nge-cut input voice kayaknya..

Tetapi disadari bahwa fakta dilapangan kadang tidak sama antara satu dengan yang lainnya...bisa saja ditempat saya interface ini bekerja dengan baik dan ditempat anda tidak bekerja seperti yang diharapkan...oleh karena itu silakan direvisi dan dimodifikasi masing masing disesuaikan..terutama untuk rangkaian audio..hal ini dikarenakan karena masing masing device punya rancangan sendiri secara pabrikan dan resonansi suara yang berbeda beda...
baiklah begini skemanya...
semua elco di audio ukurannya 22 / 16v
jika voice aktiv detection tidak bereaksi Resistor 8k2 ganti dengan 6k8 atau bisa juga radio receiver perbesar volume suaranya.
VR di kedua input maksudnya untuk balancing audio antara kedua input

upayakan agar audio yang keluar dan masuk team speak dibikin stereo dulu bisa dgn menggabung L R melalui resistor masing2 33ohm....
para pengguna 2 meter band yang mencoba transmisi di jalur output tidak akan bisa masuk ke teamspeak,kecuali dia masuk melalui input...
dan jangan lupa anda harus punya transmiter yang benar benar handal...karena transmiter selalu memancar karena punya 2 input...beda dengan transmiter gateway yang saat monitor tidak memancar
selamat mencoba


5 komentar:

  1. Kalau mengikuti persis gambar Anda, saya jamin Opto817 pasti putus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi gan...tp teman2 yg saya bikin kan selama ini tdk mngeluhkan adanya ptus pada komponen tersebut... samapai sekarang masih dipakai ,saya paham rangkaian saya ini memang bukan yg terbaik...tp orisinil saya rancang sendiri disela kesibukan saya.. ini juga udah postingan lama dan sekarang meskipun ada beberapa upgrade pada TS3 tp rangkaian ini tetap bisa dipakai

      Hapus
  2. salam kenal om ariswan jaya,saya budiharto JZ23eb,tertark ingin konsultasi via email atau ada no kontak yg bisa saya hubungi.hp/wa;081341001953

    BalasHapus
  3. rc_1jaya@ptgmi.or.id
    085215581273

    BalasHapus
  4. Salam, saya mau bikin interface TS3 dari HT ( baofeng UV-5R ) ke HT android.. apakah ada skemanya? Terima kasih

    BalasHapus